MANAJEMEN SDM

ANALISIS DAN DESAIN PEKERJAAN

PENDAHULUAN


Latar Belakang
Organisasi merupakan sekumpulan orang-orang yang saling bekerja sama secara terstruktur untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. Tujuan-tujuan tersebut akan menjadi landasan terbentuknya pekerjaan dan kedudukan dalam sebuah organisasi. Pekerjaan merupakan usaha yang harus dirancang dan diwujudkan dalam organisasi.
Dalam suatu organisasi agar lebih exis dan bisa bermanfaat bagi semua anggotanya   perlu memiliki suatu sistem kerja yang dapat menunjang tercapainya tujuan perusahaan atau lembaga secara efektif dan efisien yang dapat merangsang karyawan untuk bekerja secara produktif, mengurangi timbulnya rasa bosan dan dapat meningkatkan kepuasan kerja, juga sistem yang dapat  digunakan untuk menghadapi stress kerja yang dihadapi karyawan
Untuk mewujudkan perihal diatas tentunya perlu desain pekerjaan. Desain pekerjaan  merupakan pernyataan tertulis tentang apa yang harus dilakukan oleh pekerja, bagaimana orang itu melakukannya, dan bagaimana kondisi kerjanya. Desain pekerjaan meliputi identifikasi pekerjaan, hubungan tugas dan tanggung jawab, standar wewenang dan pekerjaan, syarat kerja harus diuraikan dengan jelas, penjelasan tentang jabatan dibawah dan diatasnya.
Desain pekerjaan menguraikan cakupan, kedalaman, dan tujuan dari setiap pekerjaan yang membedakan antara pekerjaan yang satu dengan pekerjaan yang lainnya. Tujuan pekerjaan dilaksanakan melalui analisis pekerjaan, dimana para menejer menguraiakan pekerjaan sesuai dengan aktifitas yang dituntut agar membuahkan hasil.

Lebih lengkapnya silahkan download disini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar