ANALISIS DAN DESAIN PEKERJAAN
PENDAHULUAN
Organisasi merupakan sekumpulan orang-orang yang saling bekerja sama secara terstruktur untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. Tujuan-tujuan tersebut akan menjadi landasan terbentuknya pekerjaan dan kedudukan dalam sebuah organisasi. Pekerjaan merupakan usaha yang harus dirancang dan diwujudkan dalam organisasi.
Dalam suatu organisasi
agar lebih exis dan bisa bermanfaat bagi semua anggotanya perlu memiliki suatu sistem kerja yang dapat
menunjang tercapainya tujuan perusahaan atau lembaga secara efektif dan efisien
yang dapat merangsang karyawan untuk bekerja secara produktif, mengurangi
timbulnya rasa bosan dan dapat meningkatkan kepuasan kerja, juga sistem yang
dapat digunakan untuk menghadapi stress
kerja yang dihadapi karyawan
Untuk mewujudkan
perihal diatas tentunya perlu desain pekerjaan. Desain pekerjaan merupakan pernyataan tertulis tentang apa yang
harus dilakukan oleh pekerja, bagaimana orang itu melakukannya, dan bagaimana
kondisi kerjanya. Desain pekerjaan meliputi identifikasi pekerjaan, hubungan
tugas dan tanggung jawab, standar wewenang dan pekerjaan, syarat kerja harus
diuraikan dengan jelas, penjelasan tentang jabatan dibawah dan diatasnya.
Desain pekerjaan
menguraikan cakupan, kedalaman, dan tujuan dari setiap pekerjaan yang
membedakan antara pekerjaan yang satu dengan pekerjaan yang lainnya. Tujuan
pekerjaan dilaksanakan melalui analisis pekerjaan, dimana para menejer
menguraiakan pekerjaan sesuai dengan aktifitas yang dituntut agar membuahkan
hasil.
Lebih lengkapnya silahkan download disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar