PERKEMBANGAN MADRASAH DI MAKKAH DAN MADINAH
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Pendidikan merupakan proses yang
melibatkan tiga unsur, yaitu individu, masyarakat dan komunitas warga negara.
Ketiganya harus saling berkaitan. karena jika tidak, pendidikan tidak mungkin
bisa berjalan sebagaimana yang kita harapkan. Selain itu pendidikan juga
mempunyai arti penting bagi kehidupan manusia,
juga diakui sebagai kekuatan yang mampu membantu masyarakat mencapai
kemegahan dan kemajuan peradaban.
Tercapainya sebuah kemegahan dan
kemajuan merupakan prestasi bagi suatu bangsa, dan Tidak ada sebuah prestasi
tanpa peranan pendidikan. Jika kita melihat kejayaan Islam dimasa klasik, telah
meninggalkan jejak kebesaran Islam dibidang ekonomi, politik, intelektualisme,
tradisi-tradisi, keagamaan, seni dan lain sebagainya, semuanya tidak terlepas
dari dunia pendidikan.
Sebenarnya, proses pendidikan telah
berlangsung sepanjang sejarah berkembang, dengan perkembangan sosial budaya di
permukaan bumi. Sejarah pendidikan Islam maupun sejarah para tokoh pendidikan Islam,
dapat dikatakan berada dalam periode-periode sejarah Islam itu sendiri. Secara
garis besar, Harun Nasution membagi sejarah Islam dalam tiga periode yaitu
periode klasik, pertengahan dan modern (kontemporer).
Dari sini menarik sekali mengkaji serta
mempelajari pendidikan masa lalu umat Islam, yang dalam hal ini kami mencoba
mengulas sejarah pendidikan pada masa pertengahan, hususnya pada madrasah.
Dengan demikian diharapkan mampu membantu untuk memahami sejarah pendidikan Islam.
Pemahaman tersebut dapat dijadikan pijakan untuk mengembangkan pendidikan saat
ini. Sebagaimana kata pepatah “Belajarlah
Dari Sejarah” maka dari itu, untuk mencapai sebuah kemajuan pendidikan Islam
saat ini, penting kiranya bagi kita untuk mendalami sejarah pendidikan Islam.
Baik dari segi lembaga, institusi maupun madrasah.
Dalam hal ini, sejarah perkembangan
madrasah menjadi sangat menarik untuk selalu dikaji dan dianalisis secara
kritis. Hal dinilai akan dapat menempatkan madrasah dalam sejarah perkembangan
pendidikan dan intelektual muslim secara lebih objektif dan komprehensif.
Dengan ini diharapkan akan memperoleh gambaran semestinya tentang keberadaan
madrasah.
Dalam makalah inilah akan dibahas tentang konteks
sosial madrasah di Mekah dan Madinah (Haramain). Melalui pemabahasan ini,
diharapkan akan diperoleh sejarah perkembangannya, berikut peran dan
kontribusinya.
Lebih jelasnya silahkan download disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar