SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM


 
PERKEMBANGAN MADRASAH DI MAKKAH DAN MADINAH
PENDAHULUAN


Latar Belakang
Pendidikan merupakan proses yang melibatkan tiga unsur, yaitu individu, masyarakat dan komunitas warga negara. Ketiganya harus saling berkaitan. karena jika tidak, pendidikan tidak mungkin bisa berjalan sebagaimana yang kita harapkan. Selain itu pendidikan juga mempunyai arti penting bagi kehidupan manusia,  juga diakui sebagai kekuatan yang mampu membantu masyarakat mencapai kemegahan dan kemajuan peradaban.
Tercapainya sebuah kemegahan dan kemajuan merupakan prestasi bagi suatu bangsa, dan Tidak ada sebuah prestasi tanpa peranan pendidikan. Jika kita melihat kejayaan Islam dimasa klasik, telah meninggalkan jejak kebesaran Islam dibidang ekonomi, politik, intelektualisme, tradisi-tradisi, keagamaan, seni dan lain sebagainya, semuanya tidak terlepas dari dunia pendidikan.
Sebenarnya, proses pendidikan telah berlangsung sepanjang sejarah berkembang, dengan perkembangan sosial budaya di permukaan bumi. Sejarah pendidikan Islam maupun sejarah para tokoh pendidikan Islam, dapat dikatakan berada dalam periode-periode sejarah Islam itu sendiri. Secara garis besar, Harun Nasution membagi sejarah Islam dalam tiga periode yaitu periode klasik, pertengahan dan modern (kontemporer). 
 Dari sini menarik sekali mengkaji serta mempelajari pendidikan masa lalu umat Islam, yang dalam hal ini kami mencoba mengulas sejarah pendidikan pada masa pertengahan, hususnya pada madrasah. Dengan demikian diharapkan mampu membantu untuk memahami sejarah pendidikan Islam. Pemahaman tersebut dapat dijadikan pijakan untuk mengembangkan pendidikan saat ini. Sebagaimana kata pepatah “Belajarlah Dari Sejarah” maka dari itu, untuk mencapai sebuah kemajuan pendidikan Islam saat ini, penting kiranya bagi kita untuk mendalami sejarah pendidikan Islam. Baik dari segi lembaga, institusi maupun madrasah.
Dalam hal ini, sejarah perkembangan madrasah menjadi sangat menarik untuk selalu dikaji dan dianalisis secara kritis. Hal dinilai akan dapat menempatkan madrasah dalam sejarah perkembangan pendidikan dan intelektual muslim secara lebih objektif dan komprehensif. Dengan ini diharapkan akan memperoleh gambaran semestinya tentang keberadaan madrasah.
Dalam makalah inilah akan dibahas tentang konteks sosial madrasah di Mekah dan Madinah (Haramain). Melalui pemabahasan ini, diharapkan akan diperoleh sejarah perkembangannya, berikut peran dan kontribusinya.

Lebih jelasnya silahkan download disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar